Total Halaman yg ditampilkan

15 Agustus 2012

SIMULASI LINTASAN JALUR TERPENDEK ALGORITMA DIJKSTRA BERBASIS EXTENSIBLE MARKUP LANGUAGE (XML)

Gambar 1. Representasi Graph G(V,E).

Algoritma Dijkstra merupakan me-tode yang paling efisien untuk menentukan lintasan jalur terpendek antara titik satu dengan titik lainnya. Algoritma Dijks-tra digunakan untuk menentukan routing pada jaringan komunikasi, adaptive routing untuk mobile agent . Artikel ini membahas mengenai pengembangan pe-rangkat lunak simulasi penentuan masalah lintasan jalur terpendek menggunakan al-goritma Dijkstra. Aspek yang ditekankan pada artikel ini adalah membangun produk perangkat lunak simulasi. Produk perang-kat lunak simulasi ini sebagai alat bantu yang memberikan informasi-informasi da-lam penentuan keputusan untuk semua per-masalahan yang berhubungan dengan opti-masi dengan struktur yang portable dan terbebas dari berbagai variasi presentasi tertentu.

Masalah penentuan jalur terpendek di dalam graph merupakan permasalahan optimasi klasik. Graph yang digunakan adalah graph berarah dan memiliki suatu bobot. Bobot pada sisi graph dapat mere-presentasikan jarak antar kota, waktu pe-ngiriman, ongkos pembangunan dan seba-gainya.
Graph G(V,E) terdiri dari V adalah himpunan titik dan E adalah himpunan ga-ris [1,3]. Untuk representasi graph berbo-bot G(V,E) diberikan pada Gambar 1.



untuk lebih lengkapnya silahkana download disini
yang mau diskusi ttg GIS disini forumnya


2 komentar:

  1. Mas.. Algoritma dijkstra bisa dimodif untuk menampiklan jarak dari terdekat hingga yang terjauh gak..?
    Misal saya ingin mencari mall di kota saya,, dan saya ingin algoritma ini menampilkan mall disekitar saya dengan berurut dari yang paling yang dekat hingga yang paling jauh,,,
    Tolong di balas dong mas.. thangks..

    http://blog.binadarma.ac.id/irman_effendy

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sorry baru balas, seharusnya bisa ya. Jadi jarak dianggap sebagai bobot. Bobot terkecil berarti jarak terpendek. Selanjutnya bobot yang lebih besar hingga terbesar dibuat list.

      Hapus